Selasa, 11 Februari 2014

Materi kelas 3 SD Faktor yang memperngaruhi pertumbuhan

Materi kelas 3 SD Faktor yang memperngaruhi pertumbuhan

Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.
      a.   Kesehatan
            Orang yang sedang sakit akan malas melakukan kegiatan apapun. Orang sakit akan malas untuk makan karena lidahnya terasa pahit. Berbeda dengan orang yang sehat. Tahukah kamu, kesehatan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Jika sakit, kita menjadi malas makan. Tentu saja hal ini dapat menghambat pertumbuhan. Oleh karena tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan. Tubuh akan menjadi lemas dan lamban untuk bergerak. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatanmu.
      b.   Makanan bergizi seimbang yang terdiri atas:
            1) kelompok umbi dan biji-bijian,
            2) kelompok sayur-sayuran,
            3) kelompok buah-buahan, dan
            4) kelompok daging untuk lauk pauk.

            Makanan Bergizi
Makanan bergizi dapat berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Akan lebih sempurna jika ditambah susu.
a.   Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. beras merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, di antaranya, jagung, kentang, roti, dan gandum.
b. Protein
Makanan yang mengandung banyak protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Bagian tubuh yang rusak akan segera diganti dengan bantuan protein yang diperoleh dari makanan. Makanan yang mengandung protein, di antaranya, ikan, telur, daging, susu, tahu, dan
tempe.
                         c.   Lemak
Makanan yang mengandung lemak berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan makanan. Makanan yang mengandung lemak, di antaranya, daging, telur, keju, mentega, minyak, dan susu.
                        d. Vitamin dan Mineral
Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi pertumbuhan. Vitamin terdiri atas vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin banyak terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan.
                                  
Mineral adalah zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu. Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Makanan yang mengandung mineral terdapat dalam sayuran dan buahbuahan.
e.   Air
Air juga diperlukan oleh tubuh. Tanpa air, tubuhmu akan kekeringan. Di dalam air terdapat mineralmineral yang sangat berguna bagi tubuh kita.

    c. Bahan tambahan makanan, yaitu:
            1)  zat pengawet,
Zat pengawet digunakan untuk mengawetkan makanan. Para nelayan mengawetkan ikannya dengan garam. Manisan buah diawetkan dengan gula. Gula dan garam adalah zat pengawet alami.
Pengawet buatan terbuat dari zat kimia. Zat pengawet ini biasanya digunakan pada makanan kemasan. Margarin, kecap, selai, dan kornet diawetkan dengan asam benzoat. Bakso dan tahu diawetkan dengan boraks. Penggunaan pengawet buatan dalam makanan dapat membahayakan tubuh. Hal ini terjadi jika zat yang digunakan terlalu banyak. Apalagi jika kita memakannya terus-menerus.
Dalam kemasan makanan biasanya tertulis tanggal kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa mencantumkan waktu paling maksimal boleh memakan makanan tersebut. Hal itu berarti makanan tidak boleh digunakan setelah tanggal tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam membeli makanan. Mulailah mencermati tanggal kadaluwarsanya.

            2)   zat pewarna, dan
Kunyit biasanya digunakan sebagai pewarna kuning untuk nasi. Daun suji digunakan untuk membuat warna hijau pada kue tradisional. Kunyit dan daun suji merupakan zat pewarna alami. Selain itu, digunakan pula daun jambu biji. Daun ini digunakan untuk membuat warna coklat. Ada juga anggur untuk membuat warna ungu.
Agar-agar, sirup, dan permen biasanya menggunakan bahan pewarna buatan. Misalnya, indigokarmin (warna biru) dan tartrazin (warna kuning). Ada juga eritrosin (warna merah). Pewarna buatan tidak boleh digunakan secara berlebihan. Oleh karena dapat merusak kesehatan tubuh.
            3)   zat penyedap.
Ada dua jenis penyedap rasa, yaitu alami dan buatan. Santan, bawang, dan vanili adalah penyedap rasa alami. Ada banyak lagi contoh penyedap rasa alami. Misalnya, seledri, salam, pandan, jahe, daun jeruk, dan garam. Zat penyedap rasa bermanfaat untuk memberi rasa dan aroma yang sedap. Contoh penyedap rasa buatan adalah vetsin, esen, dan aspartam. Vetsin (MSG) ditambahkan pada masakan untuk menguatkan cita rasa. Esen digunakan untuk memberi rasa dan aroma buah-buahan. Aspartam berfungsi untuk memberi rasa manis.

   d.  Istirahat, rekreasi, dan olahraga.


Bimbingan Belajar Aqila Course membuka waralaba / kerjasama mendirikan Bimbel dengan Cara Bagi Hasil. Hal ini menguntungkan kedua belah Pihak, karena dari pihak konsumen Aqila Mendapatkan sistem Bimbel dan Modul Bimbel dengan harga yang sangat terjangkau, dan dari pihak Aqila sendiri mendapatkan hasil secara lebih kontinyu walaupun besar bagi hasil sangat kecil yaitu 5% dari Laba Bersih.
Kegiatan Administrasi dan absensi telah Kami buat dengan cara online sehingga Anda tidak akan repot lagi membuat pelaporan keuangan baik yang diserahkan kepada Kami, ataupun pelaporan keuangan untuk Anda sendiri atau pemilik modal. Administrasi online ini, sangat menguntungkan karena dapat menghemat waktu dan lembur pegawai di akhir periode bulanan.
Sistem kerjasama Bimbel Aqila Course bukanlah Franchise atau waralaba, melainkan kemitraan yang saling menguntungkan dan tidak membebankan konsumen dengan biaya yang besar. Bimbel Aqila Course sendiri telah berdiri selama lebih dari 4 tahun sehingga Kami sudah mempunyai banyak trik dan pengalaman di Bidang Bimbingan Belajar. 
Keutungan dari Sistem Bagi hasil ini antara Lain :
  1. Bagi hasil hanya 5% dari Laba bersih
  2. Mendapatkan Modul SE (Second Edition) info Klik disini
  3. Biaya Pendaftaraan Kerjasama sangat terjangkau
  4. Sistem Bimbel seperti Metode Bimbingan, Cara Mengajar, Cara Menentukan Harga Bimbel, blangko-blangko, cara penggajian tentor yang efisien dan lain sebagainya telah termasuk dalam Paket
  5. Administrasi Keuangan dan Absensi  siswa di akses secara online dengan internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
  6. Absensi siswa sudah menggunakan kartu sehingga Anda tidak repot lagi, mengurusi Absen Siswa
  7. Mendapatkan Update Materi maupun Sistem Bimbel setiap 6 bulan sekali dengan tambahan biaya sekitar 300 ribu, dan itupun tidak wajib dilakukan.
  8. Absen siswa dan Rekapitulasi Pembayaran siswa dapat diakses oleh orang Tua melalui internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
Apa yang harus dipersiapkan ?
  1. Lokasi bimbel tentu saja, Bagi Anda yang sudah punya bimbel tentu saja sudah ada lokasinya
  2. Minimal punya 2 ruang kelas (tidak harus pakai kursi lebih baik lesehan lebih hemat)
  3. 1 buah komputer yang terhubung dengan internet untuk administrasi. Jika Anda ingin absensi dengan kartu perlu tambahan 1 komputer lagi dan 1 buah scanner barcode (harga scanner barcode sekitar 500 ribu)
Biaya Pendaftaran Kerjasama :
  1. Untuk mendirikan Bimbel SD   Rp 500.000,-
  2. Untuk mendirikan Bimbel SD dan SMP  Rp 800.000,-
Syarat Pendaftaran Kerjasama :
  1. Mengirimkan Surat Pernyataan, KTP ke email hldindonesia@gmail.com
  2. Surat Pernyataan dapat di download disini (klik disini)
  3. Transfer Ke Rekening Bank BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang  Nomor : 7476 01 000197 50 8 atas nama : Ahmad Hasan Basri
  4. Tambahkan Kode di belakang Transfer sesuai dengan Nomor HP Anda, Misal Transfer 500 ribu, Nomor HP Anda 081391005464 maka jumlah Transfer Rp 500.064,-
  5. Konfirmasi Transfer ke 081391005464
Apa saja yang dikirimkan ?
  1. Modul bimbel dalam bentuk pdf
  2. Administrasi dengan excel / versi 1
  3. file banner
  4. file brosur
  5. blangko-blangko bimbel
  6. Video metode mengajar
  7. Video manajemen Bimbel
  8. Video cara menentukan harga bimbel (manajer)
  9. Video administrasi
  10. Video instalasi software
  11. Video penggunaan Software
  12. Cara mencetak modul
  13. SOP bimbel
  14. Semua dikirim dalam bentuk DVD, untuk contoh modul dikirim dalam bentuk Buku (1 jilid)

Aqila Course, Bimbel SD, SMP dan SMA
Email :
No. Telepon
Simpati 081391005464 (Pukul 07.00 s.d. 21.00) cs. Hasan
IM3 085640451319 (Pukul 14.00 s.d. 21.00) cs. Lina
Alamat :
Jl. Magelang Purworejo km.7 Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah.
Rekening Bank BRI
Cabang Glagah Mertoyudan Magelang
Nomor :
7476 01 000197 50 8
atas nama :
Ahmad Hasan Basri
Blog :
Website
http://aqilacourse.web.id/

Link Soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar