Rabu, 12 Februari 2014

Materi Lingkingan Alam 3 SD

Materi Lingkingan Alam 3 SD

Lingkungan Alam
Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alamdan diciptakan oleh Tuhan. Ketampakan lingkungan alam di muka bumi berbeda-beda. Contoh lingkungan alam yang ada di muka bumi, antara lain sungai, danau, laut, lembah, dan gunung. Selain itu, ketampakan alam ada juga yang berupa dataran rendah, pantai, laut, pegunungan, dan dataran tinggi.

a.    Pegunungan
Salah satu ketampakan alam yang dapat kita lihat adalah pegunungan. Pegunungan adalah bentang alam yang berupa deretan gunung yang bersambungan. Pegunungan termasukdataran tinggi. Udara di pegunungan biasanya sejuk dan bahkan ada yang sangat dingin. Daerah pegunungan sangat baik untuk bercocok tanam buah, sayur, dan bunga. Daerah pegunungan juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Oleh karena pemandangannya yang indah.
Daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi tanaman dapat menyerap dan menyimpan air hujan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya erosi. Erosi adalah pengikisan tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

       b.    Sungai
Sungai juga termasuk ketampakan alam. Sungai banyak memberikan manfaat bagi manusia. Manfaat sungai, antara lain untuk mandi, mencuci, pengairan lahan pertanian (irigasi) dan sarana transportasi (untuk sungai-sungai besar di luar Pulau Jawa). Di sungai banyak hidup berbagai binatang air, seperti ikan, buaya, dan katak.

c.    Danau
Danau merupakan lingkungan alam. Danau terjadi karena adanya cekungan di alam yang terisi air, baik dari air hujan maupun dari mata air yang ada di tempat tersebut. Danau juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air.
Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau bagi kehidupan manusia, antara lain, untuk keperluan-keperluan sebagai berikut:
1) budi daya ikan air tawar,
2) tempat wisata,
3) irigasi atau pengairan sawah, dan
4) sarana olahraga (dayung).

d.    Pantai dan Laut
Pantai adalah daerah perbatasan antara laut dan daratan. Pantai lazim terletak di daerah pesisir. Pantai biasanya banyak ditumbuhi pohon kelapa dan tumbuhan bakau.Tumbuhan bakau berguna untuk menahan abrasi atau erosi yang disebabkan gelombang air laut dan tempat hidup ikan. Pantai yang indah menjadi salah satu objek wisata yang digemari banyak orang Laut juga termasuk dalam ketampakan alam yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Laut menyimpan banyak kekayaan alam, seperti ikan dan mutiara. Di dasar laut juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyak bumi dan gas. Laut menjadi sarana transportasi yang penting, baik dalam satu negara maupun antarnegara. Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, seperti berenan menyelam, ski air, selancar, dan perahu layar.



2.    Lingkungan Buatan
Lingkungan buatan adalah segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh lingkungan buatan adalah waduk, lahan pertanian, tambak, perkebunan, dan permukiman penduduk.

a.    Waduk
Waduk dibuat manusia untuk menampung air hujan. Waduk juga sebagai tempat berkumpulnya aliran sungai atau tempat penampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia, antara lain untuk keperluan-keperluan sebagai berikut:
1) pembangkit listrik,
       2) irigasi atau pengairan sawah
3) budi daya ikan air tawar,
4) tempat rekreasi,
5) pengendali banjir, dan
6) kegiatan olahraga (dayung, ski air, dan sebagainya).

b.    Lahan Pertanian
Indonesia merupakan negara yang mempunyai lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian yang ada di Indonesia dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan pertanian seperti padi, jagung, sayuran, buah, dan tanaman lainnya. Sebagian besar penduduk di Negara kita bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Hasil pertanian berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

c.    Tambak
Usaha tambak dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak menggunakan daerah pantai untuk usaha tambak udang dan bandeng. Udang dan banding merupakan sumber protein yang diperlukan tubuh kita.
Pernahkah kamu melihat budi daya bandeng di tambak?




e.    Pemukiman
Pemukiman penduduk merupakan suatu wilayah yang digunakan untuk tempat tinggal masyarakat. Pemukiman penduduk juga termasuk dalam lingkungan buatan, karena kompleks pemukiman dibuat manusia untuk tujuan tertentu yaitu sebagai tempat tinggal.
Kawasan pemukiman penduduk adalah suatu tempat berupa rumah-rumah yang dibangun pada lahan tertentu. Perhatikan uraian berikut!
Pak Tatang tinggal di kompleks perumahan. Namanya Perumahan Pondok Permai. Ia tinggal di Jalan Kenanga Blok A Nomor 2. Pak Tatang menjadi ketua RT. Lingkungan perumahan tersebut bersih dan rapi. Tidak ada sampah yang berserakan.
Air selokan mengalir dengan lancar. Setiap hari warga menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan. Sebagai ketua RT, Pak Tatang memberi contoh yang baik kepada semua warga. Misal, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Bunga-bunga di taman tidak boleh dipetik. Fasilitas umum di kompleks tidak boleh dirusak dan dicorat-coret. Sesama warga harus hidup rukun dan saling meng-hormati.
Di kompleks perumahan, setiap satu minggu sekali diadakan kerja  bakti untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Semua warga wajib mengikutinya. Lingkungan perumahan menjadi bersih, sejuk, dan rapi. Semua warga hidup tenteram.

B.   Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Sekolah
Lingkungan alam dan lingkungan buatan juga dapat kamu temukan di sekolah. Coba, kamu perhatikan uraian berikut. Murid-murid kelas III dibimbing oleh Bu Farida menuju halaman belakang sekolah. Dari halaman belakang sekolah terlihat bentuk muka bumi yang menonjol tinggi dan besar di kejauhan. Bu Farida menjelaskan bahwa bentuk muka bumi tersebut adalah gunung dan sudah ada sejak dahulu sebelum sekolah ini dibangun. Gunung termasuk lingkungan alam yang ada di bumi. Pernahkah kamu melihat atau pergi ke gunung?
Di sekitar sekolah selain ada gunung, juga ada parit yang dibuat oleh penjaga sekolah dengan dibantu beberapa pekerja. Parit berguna untuk mengalirkan air bila terjadi hujan. Oleh karenanya, halaman sekolah tidak pernah tergenang air. Parit  termasuk lingkungan buatan karena dibuat oleh manusia.

Di samping gedung sekolah terdapat kolam untuk memelihara ikan lele. Warga sekolah ikut memelihara kolam tersebut. Setiap hari, secara bergiliran murid-murid memberi makan dan membersihkan kolam. Kolam termasuk lingkungan buatan. Selain ketampakan alam dan buatan yang telah diuraikan di muka, dapatkah kamu menyebutkan ketampakan lingkungan alam dan ketampakan lingkungan buatan yang ada di sekitar sekolahmu?

Bimbingan Belajar Aqila Course membuka waralaba / kerjasama mendirikan Bimbel dengan Cara Bagi Hasil. Hal ini menguntungkan kedua belah Pihak, karena dari pihak konsumen Aqila Mendapatkan sistem Bimbel dan Modul Bimbel dengan harga yang sangat terjangkau, dan dari pihak Aqila sendiri mendapatkan hasil secara lebih kontinyu walaupun besar bagi hasil sangat kecil yaitu 5% dari Laba Bersih.
Kegiatan Administrasi dan absensi telah Kami buat dengan cara online sehingga Anda tidak akan repot lagi membuat pelaporan keuangan baik yang diserahkan kepada Kami, ataupun pelaporan keuangan untuk Anda sendiri atau pemilik modal. Administrasi online ini, sangat menguntungkan karena dapat menghemat waktu dan lembur pegawai di akhir periode bulanan.
Sistem kerjasama Bimbel Aqila Course bukanlah Franchise atau waralaba, melainkan kemitraan yang saling menguntungkan dan tidak membebankan konsumen dengan biaya yang besar. Bimbel Aqila Course sendiri telah berdiri selama lebih dari 4 tahun sehingga Kami sudah mempunyai banyak trik dan pengalaman di Bidang Bimbingan Belajar. 
Keutungan dari Sistem Bagi hasil ini antara Lain :
  1. Bagi hasil hanya 5% dari Laba bersih
  2. Mendapatkan Modul SE (Second Edition) info Klik disini
  3. Biaya Pendaftaraan Kerjasama sangat terjangkau
  4. Sistem Bimbel seperti Metode Bimbingan, Cara Mengajar, Cara Menentukan Harga Bimbel, blangko-blangko, cara penggajian tentor yang efisien dan lain sebagainya telah termasuk dalam Paket
  5. Administrasi Keuangan dan Absensi  siswa di akses secara online dengan internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
  6. Absensi siswa sudah menggunakan kartu sehingga Anda tidak repot lagi, mengurusi Absen Siswa
  7. Mendapatkan Update Materi maupun Sistem Bimbel setiap 6 bulan sekali dengan tambahan biaya sekitar 300 ribu, dan itupun tidak wajib dilakukan.
  8. Absen siswa dan Rekapitulasi Pembayaran siswa dapat diakses oleh orang Tua melalui internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
Apa yang harus dipersiapkan ?
  1. Lokasi bimbel tentu saja, Bagi Anda yang sudah punya bimbel tentu saja sudah ada lokasinya
  2. Minimal punya 2 ruang kelas (tidak harus pakai kursi lebih baik lesehan lebih hemat)
  3. 1 buah komputer yang terhubung dengan internet untuk administrasi. Jika Anda ingin absensi dengan kartu perlu tambahan 1 komputer lagi dan 1 buah scanner barcode (harga scanner barcode sekitar 500 ribu)
Biaya Pendaftaran Kerjasama :
  1. Untuk mendirikan Bimbel SD   Rp 500.000,-
  2. Untuk mendirikan Bimbel SD dan SMP  Rp 800.000,-
Syarat Pendaftaran Kerjasama :
  1. Mengirimkan Surat Pernyataan, KTP ke email hldindonesia@gmail.com
  2. Surat Pernyataan dapat di download disini (klik disini)
  3. Transfer Ke Rekening Bank BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang  Nomor : 7476 01 000197 50 8 atas nama : Ahmad Hasan Basri
  4. Tambahkan Kode di belakang Transfer sesuai dengan Nomor HP Anda, Misal Transfer 500 ribu, Nomor HP Anda 081391005464 maka jumlah Transfer Rp 500.064,-
  5. Konfirmasi Transfer ke 081391005464
Apa saja yang dikirimkan ?
  1. Modul bimbel dalam bentuk pdf
  2. Administrasi dengan excel / versi 1
  3. file banner
  4. file brosur
  5. blangko-blangko bimbel
  6. Video metode mengajar
  7. Video manajemen Bimbel
  8. Video cara menentukan harga bimbel (manajer)
  9. Video administrasi
  10. Video instalasi software
  11. Video penggunaan Software
  12. Cara mencetak modul
  13. SOP bimbel
  14. Semua dikirim dalam bentuk DVD, untuk contoh modul dikirim dalam bentuk Buku (1 jilid)

Aqila Course, Bimbel SD, SMP dan SMA
Email :
No. Telepon
Simpati 081391005464 (Pukul 07.00 s.d. 21.00) cs. Hasan
IM3 085640451319 (Pukul 14.00 s.d. 21.00) cs. Lina
Alamat :
Jl. Magelang Purworejo km.7 Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah.
Rekening Bank BRI
Cabang Glagah Mertoyudan Magelang
Nomor :
7476 01 000197 50 8
atas nama :
Ahmad Hasan Basri
Blog :
Website
http://aqilacourse.web.id/

Link Soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar