Selasa, 11 Februari 2014

Materi Ciri Makhluk Hidup Kelas 3 SD

Materi Ciri Makhluk Hidup Kelas 3 SD

Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut.
a. Bernapas
Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Saat bernapas manusia menghirup oksigen. Oksigen terkandung dalam udara. Manusia akan mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. Manusia dapat bertahan hidup meskipun tidak makan sehari. Akan tetapi, manusia tidak dapat hidup tanpa bernapas.
Hewan dapat bernapas dengan paru-paru dan insang. Sebagian besar hewan laut bernapas dengan insang. Namun, ada juga hewan laut yang bernapas dengan paru-paru. Misalnya paus dan lumba-lumba. Ada juga hewan yang bernapas dengan kulit. Misalnya, cacing tanah dan katak. Selain dengan paru-paru, katak dewasa bernapas dengan kulit. Kecebong bernapas dengan insang.
b. Membutuhkan makanan  
Makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk mempertahankan hidupnya. Makhluk hidup yang tidak makan berhari-hari dapat mati. Hewan peliharaan yang tidak diberi makanan dapat menjadi lemah. Bahkan akhirnya dapat mati. Manusia dan tumbuhan juga membutuhkan makanan. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Tumbuhan dapat menyerap air dan zat hara dari dalam tanah.
Tumbuhan menyerapnya dengan menggunakan akarnya. Manusia membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Manusia akan merasa lapar jika terlambat makan. Jadi, makhluk hidup membutuhkan makanan agar tetap hidup.
c. Bergerak
Burung bergerak dengan sayapnya untuk terbang. Ikan bergerak dengan siripnya untuk berenang. Harimau, kucing, kambing, kuda, dan sapi bergerak menggunakan kakinya.
Manusia bergerak, berjalan, dan berlari menggunakan kakinya. Tumbuhan termasuk makhluk hidup. Tumbuhan sesungguhnya juga bergerak. Tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya sinar matahari. Namun, tumbuhan tidak berpindah tempat. Pohon jambu di halaman rumahmu tidak bergerak menuju halaman tetanggamu. Rumput yang tumbuh di lapangan akan tetap tumbuh di lapangan.
d. Tumbuh

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar. Biji kacang hijau dapat tumbuh menjadi kecambah. Kecambah memiliki akar dan daun. Manusia juga tumbuh, yaitu dari bayi hingga menjadi dewasa. Ciri-ciri pertumbuhan manusia adalah bertambahnya tinggi dan berat badan. Coba bandingkan tinggi badanmu dengan adikmu. Bandingkan pula tinggimu sekarang dan lima tahun lalu. Apakah ada perbedaan?
Begitu pula dengan pertumbuhan hewan. Hewan tumbuh semakin tinggi dan besar. Lama-kelamaan hewan akan menyerupai induknya. Tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Semakin lama batangnya membesar, daunnya rimbun, dan akarnya kuat.


e. Berkembangbiak
Makhluk hidup berkembangbiak untuk melestarikan keturunannya. Berkembangbiak berarti menghasilkan keturunan. Hewan berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Kucing, kambing, sapi, dan gajah berkembangbiak dengan beranak. Sebaliknya, ayam, burung, dan katak berkembang biak dengan bertelur.
Perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan secara alami dan buatan. Perkembangbiakan secara alami, misalnya melalui tunas. Contohnya pada tumbuhan pisang. Selain itu, perkembangbiakan secara alami dapat dilakukan melalui biji. Contohnya mangga, rambutan, dan jeruk. Perkembangbiakan  secara buatan dapat dilakukan dengan cangkok dan stek.

f. Peka terhadap rangsang
Tahukah kamu tumbuhan putri malu? Mari mencoba menyentuh tumbuhan putrid malu. Apa yang terjadi? Tumbuhan putrid malu akan menutup daunnya jika terkena sentuhan. Beberapa hewan juga peka terhadap sentuhan. Bekicot akan memasukkan kepalanya jika terkena sentuhan. Manusia juga peka terhadap rangsang. Manusia memiliki bagian-bagian tubuh yang peka terhadap rangsang. Misalnya, mata peka terhadap rangsang cahaya. Telinga peka terhadap rangsang suara. Dapatkah kamu menyebutkan apa saja yang dibutuhkan makhluk hidup?
Makhluk hidup membutuhkan udara untuk bernapas. Makhluk hidup juga membutuhkan air dan makanan. Selain itu, makhluk hidup juga membutuhkan tempat untuk hidup. Jika kekurangan air, tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan subur. Bahkan tumbuhan dapat mati. Jika kekurangan air, manusia akan merasa lemas. Bayi yang terkena diare akan kekurangan cairan dalam tubuhnya. Jika berlangsung terus-menerus, dapat membuat bayi itu meninggal. Begitu juga dengan hewan. Jika kekurangan air, tubuh hewan akan menjadi lemah. Hal ini juga dapat mengakibatkan kematian.

Makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa adanya udara. Manusia membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal. Rumah melindungi dari cuaca dingin dan panas. Tumbuhan membutuhkan tempat yang cocok agar tumbuh subur. Hewan pun membutuhkan tempat hidup yang cocok. Misalnya, ikan yang hidup di air. Hewan-hewan liar seperti singa dan harimau membutuhkan hutan sebagai tempat hidup.

Bimbingan Belajar Aqila Course membuka waralaba / kerjasama mendirikan Bimbel dengan Cara Bagi Hasil. Hal ini menguntungkan kedua belah Pihak, karena dari pihak konsumen Aqila Mendapatkan sistem Bimbel dan Modul Bimbel dengan harga yang sangat terjangkau, dan dari pihak Aqila sendiri mendapatkan hasil secara lebih kontinyu walaupun besar bagi hasil sangat kecil yaitu 5% dari Laba Bersih.
Kegiatan Administrasi dan absensi telah Kami buat dengan cara online sehingga Anda tidak akan repot lagi membuat pelaporan keuangan baik yang diserahkan kepada Kami, ataupun pelaporan keuangan untuk Anda sendiri atau pemilik modal. Administrasi online ini, sangat menguntungkan karena dapat menghemat waktu dan lembur pegawai di akhir periode bulanan.
Sistem kerjasama Bimbel Aqila Course bukanlah Franchise atau waralaba, melainkan kemitraan yang saling menguntungkan dan tidak membebankan konsumen dengan biaya yang besar. Bimbel Aqila Course sendiri telah berdiri selama lebih dari 4 tahun sehingga Kami sudah mempunyai banyak trik dan pengalaman di Bidang Bimbingan Belajar. 
Keutungan dari Sistem Bagi hasil ini antara Lain :
  1. Bagi hasil hanya 5% dari Laba bersih
  2. Mendapatkan Modul SE (Second Edition) info Klik disini
  3. Biaya Pendaftaraan Kerjasama sangat terjangkau
  4. Sistem Bimbel seperti Metode Bimbingan, Cara Mengajar, Cara Menentukan Harga Bimbel, blangko-blangko, cara penggajian tentor yang efisien dan lain sebagainya telah termasuk dalam Paket
  5. Administrasi Keuangan dan Absensi  siswa di akses secara online dengan internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
  6. Absensi siswa sudah menggunakan kartu sehingga Anda tidak repot lagi, mengurusi Absen Siswa
  7. Mendapatkan Update Materi maupun Sistem Bimbel setiap 6 bulan sekali dengan tambahan biaya sekitar 300 ribu, dan itupun tidak wajib dilakukan.
  8. Absen siswa dan Rekapitulasi Pembayaran siswa dapat diakses oleh orang Tua melalui internet. contoh administrasi dapat dilihat di http://contohadmin.web.id
Apa yang harus dipersiapkan ?
  1. Lokasi bimbel tentu saja, Bagi Anda yang sudah punya bimbel tentu saja sudah ada lokasinya
  2. Minimal punya 2 ruang kelas (tidak harus pakai kursi lebih baik lesehan lebih hemat)
  3. 1 buah komputer yang terhubung dengan internet untuk administrasi. Jika Anda ingin absensi dengan kartu perlu tambahan 1 komputer lagi dan 1 buah scanner barcode (harga scanner barcode sekitar 500 ribu)
Biaya Pendaftaran Kerjasama :
  1. Untuk mendirikan Bimbel SD   Rp 500.000,-
  2. Untuk mendirikan Bimbel SD dan SMP  Rp 800.000,-
Syarat Pendaftaran Kerjasama :
  1. Mengirimkan Surat Pernyataan, KTP ke email hldindonesia@gmail.com
  2. Surat Pernyataan dapat di download disini (klik disini)
  3. Transfer Ke Rekening Bank BRI Cabang Glagah Mertoyudan Magelang  Nomor : 7476 01 000197 50 8 atas nama : Ahmad Hasan Basri
  4. Tambahkan Kode di belakang Transfer sesuai dengan Nomor HP Anda, Misal Transfer 500 ribu, Nomor HP Anda 081391005464 maka jumlah Transfer Rp 500.064,-
  5. Konfirmasi Transfer ke 081391005464
Apa saja yang dikirimkan ?
  1. Modul bimbel dalam bentuk pdf
  2. Administrasi dengan excel / versi 1
  3. file banner
  4. file brosur
  5. blangko-blangko bimbel
  6. Video metode mengajar
  7. Video manajemen Bimbel
  8. Video cara menentukan harga bimbel (manajer)
  9. Video administrasi
  10. Video instalasi software
  11. Video penggunaan Software
  12. Cara mencetak modul
  13. SOP bimbel
  14. Semua dikirim dalam bentuk DVD, untuk contoh modul dikirim dalam bentuk Buku (1 jilid)

Aqila Course, Bimbel SD, SMP dan SMA
Email :
No. Telepon
Simpati 081391005464 (Pukul 07.00 s.d. 21.00) cs. Hasan
IM3 085640451319 (Pukul 14.00 s.d. 21.00) cs. Lina
Alamat :
Jl. Magelang Purworejo km.7 Tanjunganom Banjarnegoro Mertoyudan Magelang Jawa Tengah.
Rekening Bank BRI
Cabang Glagah Mertoyudan Magelang
Nomor :
7476 01 000197 50 8
atas nama :
Ahmad Hasan Basri
Blog :
Website
http://aqilacourse.web.id/

Link Soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar